Struktur Kurikulum
Pengelompokkan Mata kuliah, Bobot dan Distribusi SKS
NO |
KELOMPOK MATA KULIAH |
MATAKULIAH | SKS | SEMESTER | JUMLAH | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | SKS |
(%) |
||||
1 |
Mata Kuliah penunjang (umum) | Filsafat Ilmu |
2 |
1 |
8 |
17,1 |
|||
Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
1 |
|||||||
Studi Teks Bahasa Asing |
2 |
1 |
|||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan |
2 |
2 |
|||||||
2 |
Mata kuliah Keahlian (utama) | PAI |
3 |
1 |
17 |
36,2 |
|||
Matematika |
2 |
1 |
|||||||
Tafsir Tematik Sains (Kajian Integrasi) |
2 |
2 |
|||||||
Studi Integrasi Islam dan Sains |
2 |
2 |
|||||||
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
|||||||
IPS |
2 |
2 |
|||||||
PKn |
2 |
3 |
|
||||||
Analisis Kebijakan Pendidikan MI/SD |
2 |
3 |
|||||||
3 |
Mata Kuliah dasar keahlian (kependidikan) | Desain dan Strategi Pembelajaran MI/SD |
3 |
1 |
10 |
21,3 |
|||
Psikologi Belajar dan Perkembangan Peserta Didik dalam Islam |
2 |
2 |
|||||||
Kurikulum dan Pembelajaran MI/SD |
2 |
2 |
|||||||
Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran MI |
3 |
3 |
|||||||
4 |
Mata kuliah Pilihan | Inovasi dan Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI |
3 |
3 |
6 |
12,7 |
|||
Inovasi dan Problematika Pembelajaran Matematika di MI |
3 |
||||||||
Inovasi dan Problematika Pembelajaran IPA di MI |
3 |
||||||||
Inovasi dan Problematika Pembelajaran IPS di MI |
3 |
||||||||
Inovasi dan Problematika Pembelajaran PKn di MI |
3 |
||||||||
Penulisan Karya Ilmiah ke Jurnal |
3 |
||||||||
5 |
Tugas Akhir | Tesis |
6 |
4 |
6 |
12,7 |
|||
Jumlah |
47 |
14 | 14 | 13 | 6 | 47 |
100 |
Kelompok Mata Kuliah dan Pendistribusian Persemester dan Bobot SKS
Smt |
Kode MK | Nama Mata Kuliah(1) | Bobot SKS | SKSMK dalam Kurikulum | Kelengkapan(3) |
Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara |
|||
Inti(2) |
Insti-tusional | Deskripsi | Silabus |
SAP |
|||||
I |
FTK2001 | Filsafat Ilmu |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | |
FTK2002 | Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1101 | PAI |
3 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1102 | Matematika |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1103 | Desain dan Strategi Pembelajaran MI/SD |
3 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1104 | Studi Teks Bahasa Asing |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
II |
UIN2001 | Tafsir Tematik Sains |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | |
UIN2002 | Studi Integrasi Islam dan Sains |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
FTK2003 | Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjutan |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1201 | Psikologi Belajar dan Perkembangan Peserta Didik dalam Islam |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1202 | Kurikulum dan Pembelajaran MI/SD |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1203 | Bahasa dan Sastra Indonesia |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1204 | IPS |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
III |
MPM1301 | PKn |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | |
MPM1302 | Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran MI |
3 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1303 | Analisis Kebijakan Pendidikan MI/SD |
2 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
MPM1304 | Penulisan Karya Ilmiah ke Jurnal |
3 |
√ |
PROGRAM STUDI | |||||
MPM3301 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran di MI |
3 |
√ | √ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
IV |
FTK2004 | Tesis |
6 |
√ | √ |
√ |
PROGRAM STUDI | ||
Total SKS |
47 |
Mata Kuliah Pilihan Yang Dilaksanakan Dalam Tiga Tahun Terakhir
Semester |
Kode MK | Nama MK (pilihan) | Bobot SKS |
Unit/ Jur/ Fak Pengelola |
III |
MPM3304 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI |
3 |
Program Studi |
III |
MPM3302 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran Matematika di MI |
3 |
Program Studi |
III |
MPM3303 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran IPA di MI |
3 |
Program Studi |
III |
MPM3304 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran IPS di MI |
3 |
Program Studi |
III |
MPM3305 | Inovasi dan Problematika Pembelajaran PKn di MI |
3 |
Program Studi |
III |
MPM1304 | Penulisan Karya Ilmiah ke Jurnal |
3 |
Program Studi |
Total SKS |
18 |