“WOW…, PROGRAM INTERNASIONAL KKN/PPL FTK UIN SUSKA RIAU DI THAILAND: MAHASISWA PRODI S2 PGMI SEBAGAI FASILITATOR”

Perjalanan ke negara yang mempunyai julukan “Negeri Gajah Putih” (Thailand) bukanlah pertama kali bagi penulis (Diara Rizky Prayitno). Namun, yang perlu dicatat bahwa setiap kunjungan, terdapat wawasan dan romantisme pembelajaran tersendiri, bermakna dan berharga bagi semua yang terlibat didalamnya. Kunjungan berbasis edukasi ini lebih kurang sekitar 7 hari, yaitu pada tanggal 26 September sampai 03 Oktober 2023.

Dalam perjalanan dan petualangan berbasis pendidikan terdapat peran sebagai fasilitator dalam menjalankan program Internasional KKN PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Sebagai fasilitator, Diara yang masih aktif sebagai mahasiswa Prodi Magister PGMI yang dahulu sebagai Alumni KKN PPL di Negara Thailand. Sebagai pembimbing dan fasilitator KKN PPL Internasional, Diara dilibatkan dalam penjemputan mahasiswa ke Thailand, selain itu melihat fenomena dan kondisi real 7 (tujuh) sekolah di Thailand serta 1 Universitas di tempat mahasiswa bertugas.

Senyum manis terpancar, menggambarkan kebahagiaan dan rasa syukur atas pencapaian ini. Selain itu, tidak kalah manis senyuman dari Wakil Dekan III Bidang kemahasiswaan, kerjasama, dan Alumni UIN SUSKA RIAU (Ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.,Kons.) yang membersamai kegiatan KKN PPL Internasional dalam menjemput dan melihat langsung kondisi real dari tempat yang menjadi objek kegiatan internasional tersebut.

Beberapa foto di atas sebagai bukti dan kenangan penuh makna atas kunjungan ke beberapa sekolah dan satu Universitas di Thailand. Berikut nama-nama sekolah yang menjadi kunjungan Diara Rezky Prayitno: 1) Rajapranugroh 39 School Provinsi Narathiwat; 2) Sukansart Wittaya School Provinsi Narathiwat; 3) Narawit Wittaya School Provinsi Narathiwat; 4) Ban Yuelapae School Provinsi Narathiwat; 5) Deyeahaaye School Provinsi Narathiwat; 6) Saiburu Islam Wittaya School Saiburi District Provinsi Pattani; dan 7) Triamsuksa Wittaya School Provinsi Pattani.

Selain kunjungan ke sekolah, terdapat 1 Universitas yang menjadi objek dalam kegiatan internasional ini, yaitu “Yala Rajabhat University Provinsi Yala”. Selain itu, terdapat Kantor Lembaga kerjasama dari program kunjungan ini yaitu “Kantor PERSAIT Thailand Selatan Provinsi Pattani, terdapat pula Konsulat Indonesia yang ada di Thailand disebut sebagai “Kantor Konsulat Indonesia di Provinsi Songkhla”.

Terlihat senyum hangat dari mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPL di Thailand. Rasa syukur peserta KKN-PPL menjadi bagian dari kegiatan internasional ini. Terdapat sejumlah pengalaman pembelajaran yang diperoleh, sekaligus menjadi pembelajaran bermakna dalam proses pengembangan diri menjadi lebih baik, khususnya dalam hal pembelajaran dan pengajaran di sekolah, serta di lingkungan sosial.

Kegiatan ini merupakan hal positif, mampu menjalin hubungan baik dengan negara lain, yang tujuannya sebagai Upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan diri, sehingga memberikan pembelajaran luar biasa, penuh sensasi, penuh hikmah. Semoga kegiatan internasional ini akan terus ada dan terlaksana dengan baik, terus berkembang setiap tahunnya. (Diara, Durrah).

About mimi hariyani

Check Also

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DI PENGHUJUNG TAHUN 2023, DITAJA OLEH MAHASISWA PROGRAM MAGISTER PGMI UIN SUSKA RIAU

Seiring perkembangan dunia yang terus berkembang, di mana ide dan informasi menjadi mata uang intelektual, …

Leave a Reply