WORKSHOP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN: PRODI PIAUD FTK UIN SUSKA RIAU UNDANG          Dr. MHMD. HABIBI, M. Pd, SEBAGAI NARASUMBER

Prodi PIAUD menggelar pembukaan awal semester genap tahun 2024 dengan mengundang Dr. Mhmd. Habibi, M.Pd sebagai narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai awal memasuki perkuliahan perdana (kuliah umum) pada 7 Februari 2023. Workkshop pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Februari 2024, yang dilaksanakan di Ruang Hijau Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Para peserta selain dari dosen homebase PIAUD FTK, juga dihadiri Sekretaris Prodi S2 PGMI Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag, peserta lain terdapat perwakilan prodi Anak Usia Dini UNRI, PAUD Sekolah Tinggi Aisyiah, dan para dosen dari berbagai prodi yang terdapat di FTK UIN Suska Riau.   

Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence yang dibuka oleh Wakil Dekan III Dr. Amirah Diniaty, M.Pd. Kons, memesankan agar workshop ini dicermati dengan baik dan menjadi wawasan kekinian yang dapat diaplikasikan dalam dunia pembelajaran. Workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan bagi para Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), yang tentunya kegiatan ini akan mampu membekali para dosen dengan pemanfaatan aplikasi berbasis Al (Artificial Intelligence). Memang dunia teknologi seperti pemanfaatan media belajar melalui AI ini sangat bermanfaat positif karena melalui Artificial Intelligence engine dapat membantu dan memudahkan para dosen untuk menggelar pembelajaran lebih bermakna sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar.

Dr. Mhmd. Habibi, M.Pd. yang merupakan dosen tetap pada Prodi Magister (S2) PGMI FTK UIN Suska Riau, lebih lanjut menyampaikan: pemanfaatan artificial intelligence, bisa berdampak positif dan negatif, maka seorang dosen harus pandai memilih dan memilah program aplikasi yang dipakai. Jika AI ini digunakan secara bijaksana, maka penggunaan mesin AI ini akan sangat bermanfaat dan dapat menghasilkan dunia yang lebih baik di masa depan.

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam pembelajaran yang sering diterapkan adalah pemanfaatan Quizizz, chatgpt dan semua bentuk pencarian data yang menggunakan artificial intelligence dalam pembelajaran mesti secara berkesinambungan diasah dan diterapkan dalam dunia pembelajaran.  Maka penerapan ujian bisa dilakukan melalui HP android dengan membuat soal-soal sesuai tema dan mata kuliah yang diasuh. Soal-soal bisa juga dicari dari soal-soal quiz yang telah dibuat orang lain yang terdapat dalam mesin artificial intelligence dan bisa pula dibuat sendiri yang diupload ke sistem.

Ending dari kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh para dosen. Dr. Nurlita (Kajur Prodi PAUD UNRI) memberikan masukan bahwa anak-anak PIAUD FTK UIN Suska Riau, sangat baik dalam mendesain gerak dan lagu, bahkan bisa diajukan agar diajukan hak ciptanya. Dr. Arbi memberikan sharing informasi untuk kemajuan prodi dan kampus agar perizinan mahasiswa  melalui Whatshapp perlu ditinjau ulang. Titin Latifah, M.Pd. menyarankan bahwa ketika tugas-tugas mahasiswa cenderung kelihatan dibuat melalui chatgpt, maka perlu disarankan ke mahasiswa bahwa chatgpt itu tidak serta merta dimasukkan semuanya ke makalah/tugas tapi perlu difilter dengan baik agar tugas terarah dan konsisten dengan keilmiahan tugas-tugas yang telah diwajibkan. 

About mimi hariyani

Check Also

DOSEN HOMEBASE S2 PGMI FTK UIN SUSKA RIAU DILANTIK SEBAGAI KETUA STAIN BENGKALIS

Dr. H. Abu Anwar, M.Ag. adalah salah seorang dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam …

Leave a Reply