BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DI PENGHUJUNG TAHUN 2023, DITAJA OLEH MAHASISWA PROGRAM MAGISTER PGMI UIN SUSKA RIAU

Seiring perkembangan dunia yang terus berkembang, di mana ide dan informasi menjadi mata uang intelektual, kegiatan ini memegang peran penting dalam membekali para peserta dengan keterampilan menulis ilmiah yang mendalam dan bermakna. Membaca bukan hanya aktivitas pasif, melainkan sebuah perjalanan kognitif yang membuka cakrawala wawasan kita terhadap keberagaman pengetahuan. Sementara menulis, adalah kekuatan yang memampukan kita untuk membagikan pemikiran, temuan, dan ide-ide cemerlang kepada dunia.

Maka, rasa bangga kami persembahkan kegiatan Bimbingan Teknis Karya Tulis Ilmiah dengan tema inspiratif, “Dengan Membaca Kita Mengenal Dunia, Dengan Menulis Kita Dikenal Dunia.” Acara yang diselenggarakan di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Suska Riau pada: Rabu, 27 Desember 2023, ini mengajak untuk menjelajahi keajaiban membaca sebagai jendela pengetahuan dan mengekspresikan diri melalui keindahan menulis.

            Kegiatan BIMTEK ini ditaja oleh HIMA MPGMI bersama Program Studi Magister PGMI UIN SUSKA RIAU. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Prodi MPGMI (Dr. Hj. Nurhasnawati, M.Pd) beliau memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Kehadiran dari pemateri menjadi puncak dari kegiatan ini. Dikarenakan adanya hal lain diluar kemauan dan kendali, maka kegiatan BIMTEK ini hanya di isi oleh dua pemateri handal, yaitu (Dr. Mhmd. Habibi, M.Pd) selaku pemateri 1 sekaligus menyampaikan tema pada bagian pemateri 2 hingga siang. Penyampaian materi 3 dilanjutkan oleh (Dr. Rian Vebrianto, M.Ed) dari siang menjelang sore. Kegiatan dimulai dengan persembahan pantun, sapaan hangat dari pembawa acara/MC (Durrah Sakinah) sekaligus sebagai ketua pelaksana pada kegiatan ini. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa aktif Prodi PGMI UIN SUSKA RIAU (Moh. Amrul Mutho’), yang berkecimpung di MTQ sebagai peserta tilawah dan bagian kaligrafi.

Seusai pembacaan ayat suci Al-Qur’an selesai dilantunkan, lanjut dengan kegiatan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan Mars UIN SUSKA, diikuti oleh seluruh hadirin, dan dipandu oleh (Niswatus Sa’idah, S.Pd) sebagai dirigen, yang merupakan mahasiswa aktif semester 1 Program Magister PGMI UIN SUSKA RIAU.

Selanjutnya, kata sambutan sebagai ketua HIMA (Sufyanul Arifin, S.Pd) menyampaikan sambutan yang berisikan ungkapan terimakasih atas kehadiran dan keikutsertaan Ibunda Kepala Jurusan, Pemateri, Panitia, juga peserta BIMTEK yang berasal dari berbagai kampus, seperti: Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, STAI Al-Kifayah Riau, dan UIN SUSKA RIAU.

Disambung pula sambutan dari ketua program studi Magister PGMI (Dr. Hj. Nurhasnawati, M.Pd), beliau menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh panitia, keikutsertaan peserta, sekaligus membuka secara resmi kegiatan BIMTEK. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan penyampaian materi dari (Dr. Mhmd. Habibi, M.Pd) dengan tema “Pemilihan Kajian Penelitian Referensi Masa Kini” dan (Dr. Rian Vebrianto, M.Ed) dengan tema “Sistematika dan Alur Submit hingga Penerbitan Artikel Jurnal”.

Kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar, dan memberikan ilmu pengetahuan khususnya terkait baca tulis, hingga alur submit serta publishnya tulisan yang dirangkai (artikel). Kebersamaan terasa karena bukan hanya ilmu yang diperoleh, namun relasi semakin meluas, dan waktu yang terpakai memberikan dampak positif dalam pengembangan diri. Setelah penyampaian materi, dilanjtukan dengan penyerahan sertifikat untuk pemateri, foto bersama peserta, dan juga foto panitia pelaksana BIMTEK 2023.

Terakhir, harapan bersama ialah: kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini mampu memberikan pengetahuan yang lebih dari sebelumnya terkait membaca dan menulis karya ilmiah, baik itu struktur penulisan, referensi terkini, dan sistematika alur submit hingga penerbitan artikel jurnal. (Durrah Sakinah)

About mimi hariyani

Check Also

DOSEN HOMEBASE S2 PGMI FTK UIN SUSKA RIAU DILANTIK SEBAGAI KETUA STAIN BENGKALIS

Dr. H. Abu Anwar, M.Ag. adalah salah seorang dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam …

Leave a Reply